Sosialisasi KKN Semester Genap 2020/2021

KKN merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa melalui pengalaman langsung di masyarakat dan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan karya yang inovatif, kreatif,  dan kontekstual dengan kondisi setempat. KKN juga bertujuan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat dan dapat berkontribusi terhadap penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, pilar pengabdian kepada masyarakat. Bertujuan untuk menghasilkan karya hasil pemikiran berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta seni yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.  

Mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal”, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UKDW Yogyakarta berharap mahasiswa yang mengikuti KKN dapat menerapkan ilmunya untuk membantu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di sekitarnya dan menonjolkan kearifan lokal masyarakat setempat. 

Kegiatan sederhana yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa, sinergi yang baik antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah, mengutamakan kemandirian dan keberlanjutan program, serta menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif sebagai hasil pengembangan pemikiran ilmiah merupakan prinsip KKN UKDW.

Pada Semester Genap 2020/2021 ini, ada 3 jenis KKN yang dilaksanakan yakni KKN Reguler Kulon Progo, KKN Tematik Bangunjiwo Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan KKN Tematik Gemah Ripah Prodi Bioteknologi.

Berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus 2021, KKN Reguler Kulon Progo berlokasi di Desa Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19, metode yang digunakan dalam KKN kali ini adalah blended, yakni gabungan antara kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring. 

Dilaksanakan dengan metode dan periode yang sama, mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik Bangunjiwo bertugas dalam pelatihan bahasa Inggris yang meliputi business english, general english, dan english for kids. Selain itu mereka juga akan terlibat dalam pengelolaan tanah liat sebagai bahan dasar gerabah, pelatihan pemasaran produk kerajinan lokal serta ecotourism berbasis digital, pembuatan desain kerajinan berbahan dasar bambu, dan pengenalan konservasi bambu. Mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik Bangunjiwo dituntut supaya mempunyai jiwa creative, communicative, adventurous, collaborative, committed, naturalist, proactive, encouraged, dan open-minded.

Sementara itu, KKN Tematik Gemah Ripah akan berlangsung pada  tanggal 11 – 23 Februari 2021 di Kampung Bausasran, Kota Yogyakarta. Mahasiswa yang terlibat dalam KKN Tematik Gemah Ripah diharapkan bisa melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kemandirian pangan, kemandirian budidaya tanaman, peningkatan informasi digital, dan inovasi lahan sempit. 

Mahasiswa UKDW diperkenankan mengambil ketiga jenis KKN di atas pada semester Genap 2020/2021 sesuai minat dan bidangnya masing-masing sehingga dapat menjalankan program KKN dengan maksimal, sehingga salah satu nilai UKDW yakni service to the world, dapat terimplementasi melalui program KKN ini. (Bellano)